Monday, July 8, 2013

Jurnal Kesehatan Lingkungan

Jurnal Kesehatan Lingkungan - para ahli kesehatan telah membuat batasan kesehatan masyarakat ini. Secara kronologis batasan akan kesehatan masyarakat mulai dengan batasan yang begitu sempit hingga batasan yang luas seperti yang kita anut ketika ini bisa diringkas sebagai batasan paling tua, kesehatan masyarakat merupakan upaya untuk dalam mengatasi permasalahan sanitasi yang dapat mengganggu kesehatan. Bisa dikatakan, kesehatan masyarakat sama dengan sanitasi. Upaya dalam memperbaiki serta meningkatkan sanitasi lingkungan merupakan kegiatan kesehatan masyarakat.

Pada akhir abad ke 18, ditemukan bakter-bakteri yang menyebabkan penyakit serta juga beberapa jenis imunisasi, kegiatan kesehatan masyarakat merupakan pencegahan penyakit yang terjadi pada masyarakat dengan melakukan  perbaikan sanitasi lingkungan serta upaya pencegahan penyakit dengan imunisasi. Di awal abad ke 19, kesehatan masyarakat telah berkembang baik. kesehatan masyarakat dikatakan sebagai upaya mengintegrasi antar ilmu sanitasi dan ilmu kedokteran. Sementara ilmu kedokteran adalah integrasi antar ilmu biologi dengan ilmu sosial. Di dalam perkembangannya, kesehatan masyarakat didefinisikan sebagai aplikasi serta kegiatan yang terpadu antara sanitasi serta pengobatan (kedokteran) dalam pencegahan penyakit yang melanda masyarakat. Sebab masyarakat merupakan objek penerapan ilmu kedokteran serta sanitasi yang memiliki aspek sosial ekonomi dan budaya yang komplek. Disimpulkan, kesehatan masyarakat adalah aplikasi keterpaduan antar ilmu kedokteran, sanitasi, serta ilmu sosial dalam upaya pencegahan penyakit yang terjadi pada masyarakat.
Dari pengalaman praktek kesehatan masyarakat yang sudah berjalan hingga awal abad ke 20, Winslow (1920) pada akhirnya menjadikan batasan kesehatan masyarakat yang hingga sekarang masih relevan seperti berikut ini, kesehatan masyarakat ialah ilmu serta seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup serta meningkatkan kesehatan dengan usaha-usaha pengorganisasian masyarakat yang bertujuan untuk :
Perbaikan sanitasi lingkungan
  • Memberantas penyakit menular
  • Pendidikan dalam kebersihan perorangan
  • Pengorganisasian pelayanan medis serta perawatan untuk diagnosis secara dini berikut pengobatannya
  • Mengembangkan rekayasa sosial untuk menjamin tiap orang agar terpenuhi kebutuhan hidupnya secara layak dalam memelihara kesehatan.
Dapat disimpulkan bahwasanya definisi kesehatan masyarakat mengalami peluasan dari hanya bekaitan dengan sanitasi, teknik sanitasi, ilmu kedokteran kuratif, ilmu kedokteran pencegahan hingga ilmu sosial kesehatan masyarakat.

No comments:

Post a Comment